Elmizah

Tetap Konsisten & Selalu Optimis

Hukum Menjama’ Shalat Jumat Dan Ashar

Assalamualaikum bg yg di rohmati ALLAH SWT
saya ada sdikit prmasalahan yg mnrut saya suatu hal yg membingungkan.
Begini bg bolehkah sholat jum’at itu di jama’??
jika boleh ataw tidaknya tlng berikan alasan nya y bg.
Sapta5678

Waalaikum salam
Menjama’ shalat adalah mengumpulkan dua shalat dalam satu waktu dengan alasan-alasan tertentu yang di terima oleh syara’. Seperti musafir, angin kencang, suhu yang terlalu dingin, dll. Shalat yang boleh di jama’ adalah, shalat zuhur dan ashar, serta shalat magrib dan isya. Akan tetapi, perlu di ingat, menjama’ hanya mengerjakan dua shalat dalam satu waktu tanpa mengurangi jumlah raka’at. menjama’ shalat juga terbagi dua :

1. Jama’ Taqdim : mengerjakan shalat pada waktu shalat yang pertama. Contohnya, menjama’ shalat zhuhur dan ashar, dan di lakukan pada shalat zhuhur. Begitu juga menjama’ shalat magrib dan shalat isya, dan di lakukan pada shalat magrib, maka ini di namakan Jama’ Taqdim.
2. Jama’ Ta’khir : mengerjakan shalat pada waktu shalat yang kedua. Contohnya, menjama’ shalat zhuhur dan ashar, dan di lakukan pada shalat ashar, begitu juga menjama’ shalat magrib dan isya, dan di lakukan pada shalat isya, maka ini di namakan Jama’ Ta’khir.

Rasulullah saw bersabda :

عن أنس رضي الله عنه قال : كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا ارتحل قبل أن تزيغ الشمس أخّر الظهر إلى وقت العصر ثم نزل فجمع بينهما ، وإذا زاغت قبل أن يرتحل صلى الظهر ثم ركب

“Dari Anas ra. Berkata : Rasulullah saw apabila berpergian sebelum tergelincir matahari (sebelum masuk waktu zuhur) maka rasulullah menjama’ shalat zhuhur pada shalat ashar (Jama’ Ta’khir). Namun, apabila beliau berpergian setelah tergelincir matahari (setelah masuk waktu zhuhur) maka beliau mengerjakan shalat zhuhur terlebih dahulu lalu berangkat.” H.R Bukhari dan Muslim

Adapun menjama’ shalat jumat dan ashar, tidak ada dalilnya sama sekali, baik dari al quran maupun hadits nabi Muhammad saw. Karena tidak ada dalil yang warid dari Allah dan Rasulullah, maka menjama’ shalat jumat dan ashar tidak di syariatkan. Jika ada yang mengatakan kenapa tidak di qiyaskan (anologikan) saja? Jawabannya : tentu tidak bisa di anologi kan, Karena shalat jum’at sangat berbeda dengan shalat zhuhur. Seperti, shalat jumat hanya di lakukan seminggu sekali, sedangkan shalat zhuhur di lakakan setiap hari. Shalat jumat hanya dua rakaat dan di awali dengan khutbah, sedangkan shalat zhuhur empat rakaat dan tanpa di awali dengan khutbah, dll. Jadi karena perbedaan yang banyak sehingga kita tidak bisa menganologikannya.

Di sisi lain, terjadinya menjama’ shalat karena ada berbagai alasan yang di bolehkan oleh syara’, seperti musafir. Nah, sedangkan shalat jumat tidak di wajibkan bagi yang musafir, berbeda dengan shalat zhuhur tetap di wajibkan bagi yang musafir mau pun yang mukim, sama ada itu di jama’ atau di qashar (jika dia musafir).

Wallahu a’lam

3 Tanggapan to “Hukum Menjama’ Shalat Jumat Dan Ashar”

  1. risty88 said

    saya pernah melihat ada menjama’ sholat dengan memendekkan jumlah rakaatnya, misalkan jama’ zuhur dan ashar dengan mengerjakan masing2 2 rakaat?

    bagaimana tu tadz?

    syukran khatsiran

    • elmizah said

      itu di istilah kan dengan jama’ dan qashar…
      qashar adalah mengurangi jumlah rakaat shalat…
      dan yang bisa di qashar hanya zhur, ashar dan isya, sedangkan magrib dan subuh tidak blh di qashar…

      syarat2 mengqashar sama seperti menjama’ shalat…
      dan blh melakukan menjama’ dan mengqosar dalam satu waktu, jika syarat2nya terpenuhi….

  2. risty88 said

    sebaiknya menjama’ saja ya tadz? kapan dibolehkan/syarat ntuk menjama’ dan qashar sekaligus?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: