Elmizah

Tetap Konsisten & Selalu Optimis

Pergantian Hari

Assalamualaikum.
sbenarnya pergantian hari itu kpn y bg?ada yg mngatakan jam 12 malam,ada yg mngtakan sore,nah mana yg benar?
Sapta.

Waalaikum salam
Pergantian hari pada pertengahan malam (24.00) atau setelah terbenamnya matahari (sore) dua-duanya benar. Karena pergantian hari (penanggalan) yang di mulai dari pertengahan malam itu di istilahkan dengan penanggalan syamsiah. Adapaun pergantian hari (penanggalan) yang di mulai dari terbenamnya matahari (magrib) di istilahkan dengan penanggalan qamariah. Kedua perhitungan dan penanggalan ini sampai sekarang kita pakai, dan tetap berlaku, makanya dua-duanya benar, tidak ada yang salah.

Penanggalan syamsiah adalah hitungan hari atau tanggal yang berbasiskan matahari, sehingga pertukaran hari pertama ke hari kedua terjadi tepat pukul 24.00 (tengah malam). Hitungan ini berlaku jauh sebelum adanya islam, yaitu dari zaman nabi Isa as. Perhitungan syamsiah di mulai dari lahirnya nabi Isa as, sehingga perhitungan tanggal atau tahun syamsiah di sebut orang arab dengan tahun (ميلادي) atau Tahun Masehi yang sering kita dengar, yang berarti tahun kelahiran Isa as.

Kita bisa lihat, kenapa orang-orang yang merayakan hari tahun baru masehi, menunggu sampai jam 24.00, karena begitulah perhitungan tahun syamsiah, pertukaran hari itu dimulai dari tengah malam.
Adapun penanggalan qamariah adalah hitungan hari atau tanggal di lihat dari bulan, makanya waktu pertukarannya itu pada terbenamnya matahari. Para ahli rukyah (yang ingin melihat awal bulan) jika ingin melihat awal bulan itu pasti pada waktu magrib, karena sebelum magrib tentunya bulan tidak kelihatan. Karena perhitungannya berdasarkan bulan (قمرية) maka pergantian terjadi pada waktu magrib, tepatnya setelah terbenam matahari. Itu sebabnya kita terlebih dahulu shalat tarawih, padahal siangnya kita belum puasa. Kenapa? Karena bulan ramadhan (yang di hituang dengan qamariah) datangnya pada waktu magrib, dari waktu magrib sudah di sebut bulan ramadhan. Dan pada puasa terahirnya juga, kita tidak menunaikan shalat tarawih, karena ramadhan hanya sampai magrib saja (setelah berbuka). Adapun setelah magrib, itu sudah termasuk bulan syawal.

Tahun ini di istilahkan orang arab dengan tahun (هجري). Terhitung dari awal hijrahnya nabi Muhammad saw beserta kaum mukminin dari Makkah ke Yatsrib, yang pada akhirnya nanti di kenal dengan Madinah al Munawwarah.

Orang yang pertama membuat tanggal hijriah ini adalah Khalifah Umar bin Khattab ra. Umar, mempunyai banyak pemikiran-pemikiran berilian, yang sampai sekarang masih kita pakai. Seperti menciptakan kantor (diwan) di dalam system masyarakat islam. Umar juga yang memberi nama Amirul Mukminin untuk para khalifah rasulullah (penerus/pengganti). Setelah wafatnya Nabi Muhammad saw, Abu Bakar terpilih sebagai Khalifah (penerus/pengganti) Rasulullah. Setelah berakhirnya era Abu Bakar, maka Umar pun terpilih jadi Khalifah, yang beliau di sebut dengan Khalifah Khalifahnya Rasul. Umar berfikir, sekiranya orang sesudah saya yang menjadi khalifah, tentu orang akan menyebutnya dengan Khalifah Khalifah Khalifahnya Rasul, begitu seterusnya. Maka umar menjuluki para khalifah itu dengan julukan Amirul Mukminin, agar orang-orang lebih mudah dan singkat mengucapkannya.

Dan Umar jugalah yang menetapkah awal tahun islam itu dari masa hijrahnya Rasulullah saw dari Makkah ke Madinah. Tentunya setelah bermufakat kepada seluruh sahabat yang ada pada masa itu. Kenapa awal tahun itu di hitung dari masa hijrahnya nabi, tidak dari hari kelahirannya? Karena nabi Muhammad di angkat menjadi rasul pada umur 40 tahun. Dan setelah beliau menjadi rasul, beliau memulainya dari nol, dari awal hingga perkembangannya masih lambat. Selama 13 tahun berda’wah di kota Makkah, hanya ada segelintir orang yang terbuka hatinya, hingga hijrahnya beliau ke kota Madinah, dari situlah awal tersebar luasnya islam. Maka dari masa hijrah itu lah menurut pendapat umur di mulai tahun islam, yang di kenal dengan tahun hijriah. Dan para sahabat setuju dengan ide Umar ra.

Wallahu a’lam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: