Elmizah

Tetap Konsisten & Selalu Optimis

Prasangka

Assalamualaikum ustadz adeq roi…

Mo nanya ni…
Saya pernah mendengar bahwa : “jauhilah segala prasangka/menduga-duga terhadap apa yg terjadi pada kita, terutama terhadap Allah”
berdasar dari : Q.S 3:154

misalnya ni, saya belum lulus dalam suatu tes/ujian, kemudian terfikir kalau mungkin karena saya kurang ikhtiar dan berdoa.

Tu gimana ustaz, apakah itu juga termasuk prasangka yg tidak dibenarkan tersebut?

Syukran ustadz.
Ityvanti

waalaikum salam
Firman Allah dalam al quran :

ثم انزل عليكم من بعد الغم امنة نعاسا يغشى طائفة منكم و طائفة قد اهمتهم انفسهم يظنون بالله غير الحق ظن الجاهلية يقولون هل لنا من الأمر من شيئ قل ان الأمر كله لله يخفون في انفسهم مالا يبدون لك يقولون لو كان لنا من الأمر شيئ ما قتلنا ههنا قل لو كنتم في بيوتكم لبرز الذين كتب عليهم القتل الى مضاجعهم و ليبتلي الله ما في صدوركم و ليمحص مافي قلوبكم و الله عليم بذات الصدور

“kemudian setelah kamu ditimpa kesedihan, Dia menurunkan rasa aman kepadamu (berupa) kantuk yg meliputi segolongan dari kamu, sedangkan segolongan lagi telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri. Mereka menyangka yg tidak benar terhadap Allah seperti sangkaan jahiliah. Mereka berkata : adakah sesuatu yg dapat kita perbuat dalam urusan ini?. Katakanlah (Muhammad) : sesungguhnya segala urusan itu ditangan allah. Mereka menyembunyikan dalam hatinya apa yg tidak mereka terangkan kepadamu. Mereka berkata : sekiranya ada sesuatu yg dapat kita perbuat dalam urusan ini, niscaya kita tidak akan dibunuh (dikalahkan) di sini. Katakanlah (Muhammad) : meskipun kamu ada dirumahmu, niscaya orang-orang yg telah ditetapkan akan mati terbunuh itu keluar ketempat mereka terbunuh. Allah (berbuat demikian) untuk menguji apa yg ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yg ada dalam hatimu. Dan Allah maha mengetahui isi hati.” (Q.S Ali ‘imran, 154)

dari ayat diatas, jelas dikatakan, bahwa prasangka yg dilarang itu adalah prasangka jahiliah.
Prasangka jahiliah adalah sangkaan yg tidak benar. Seperti dalam ayat ini, orang-orang munafik menyangka bahwa apa yg terjadi dalam perang uhud diluar kekuasaan Allah. Prasangka itu adakalanya terhadap Allah, adakalanya terhadap manusia.
Kita bisa membagikan prasangka itu menjadi dua.
1. Prasangka baik.
Contohnya : ketika kita janjian ingin ketemu dengan teman ditempat yg telah ditentukan, tapi ternyata, teman yg kita tunggu itu ga datang juga. Maka kita jangan berburuk sangka padanya, cobalah bersangka baik dengan menganggap dia ada keperluan yg lebih penting, sehingga dia lupa atau tak sempat untuk ketemu deng kita. Ini lebih aman, lebih bermanfaat dan tentunya lebih menjaga hati.

2. Prasangka jelek.
Contohnya : ketika kita melihat seseorang memakai pakaian bagus dan mahal, kita mengatakan : “hmmmm ini pasti dari hasil korupsi” dia menyangka sesuatu yg belum dia ketahui kebenaranya.
berburuk sangka dilarang dalam agama, karena banyak dampak negatifnya. Diantaranya : hati ga pernah tenang, orang selalu salah dimatanya dan lain-lain. Maka berusahalah untuk selalu berprasangka baik pada Allah dan pada sesama, jauhilah banyak berburuk sangka. Allah berfirman :

يايها الذين آمنوا اجتنبوا كثيرا من الظن إن بعض الظن اثم

“hai orang-orang yg beriman, jauhilah banyak berprasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa” (Q.S al hujrat, 12)

Nah! Kalau masalahnya kita belum lulus-lulus juga dalam tes/ujian, lalu kita berfikir mungking kita kurang ikhtiar dan doa, maka ini bukanlah prasangka jelek, akan tetapi prasangka baik. Karena kita sadar bahwa kita kurang usaha dan doa, akan tetapi, jika kita menyangka : ah allah payah, padahal saya dah usaha dan berdoa, tetap aja ga lulus. Inilah yg dinamakan prasangka jelek.
Berusahalah untuk mengambil hikmah dari apa yg terjadi dengan selalu berprasangka baik, karena itu akan membuat hidup kita lebih aman, hati lebih tenang, dan menyulap diri kita menjadi orang yg penyabar.
Moga kita selalu dalam hidayah dan ‘inayah Nya.

Wallahu a’lam

3 Tanggapan to “Prasangka”

  1. ityvanti said

    makasi banyak ustadz…
    sudah terjawab…:D

    • elmizah said

      sama2…
      alhamdulillah

  2. ityvanti said

    ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: